Tuesday, October 11, 2005

Adilkah Alloh?

Mungkin ini pertanyaan yang mengada-ada. tapi itulah kenyataannya yang pernah mengganggu pikiran saya. memikirkannya seringkali malah menambah bimbang. apakah ini pertanda runtuhnya keimanan saya. murtadkah saya bila saya mempertanyakan hal demikian??

"bila seseorang dilahirkan dari keluarga kafir, dididik secara kafir, tidak pernah mendapat kesempatan mengenal islam, kemudian dia mati dalam keadaan kafir, masuk jahanam, salah siapa?? salahkah takdir sehingga dia dilahirkan dalam keluarga yang membawa kesesatan ?
apakah sama kesempatan semua orang untuk mendapat keselamatan?? antara yang lahir dari keluarga islam dengan yang non islam?.
benar bahwa setiap manusia mempunyai kebebasan untuk memilih jalan hidupnya, tetapi lingkungan terdekatlah yang paling besar pengaruhnya. tidak bisa semua manusia bisa seperti nabi Ibrahim misalnya, yang mendapat cahaya tauhid meski kaumnya berada dalam kesyirikan."

Dari beberapa pencarian, saya memperoleh beberapa jawaban. salah satunya adalah berikut:

Maha Adil-Nya Alloh berbeda dengan "adil-nya" manusia, jangan samakan sifat Alloh dengan sifat manusia.

Dan (ingatlah), ketika Rabbmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Alloh mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Rabbmu". Mereka menjawab: "Betul (Engkau Rabb kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Rabb)". (Qs. 7:172)

ini ayat berlaku untuk semua manusia, tinggal manusia itu sendiri mau mengikuti petunjuk apa 'nggak. Manusia diciptakan dengan sempurna oleh Alloh SWT, manusia dibekali Akal untuk berfikir tentang kebenaran dan kekuasaan Alloh, Kalo masalah keluarga dan lingkungan yang kafir itu emang udah taqdir, tapi kan umat islam itu ada dimana-2 dia bisa nanya-2 (kalo emang dia mau mencari kebenaran) dan masalah ini juga adalah tanggung jawab umat Islam sebagai da'i (dakwah itu hukumnya Fardu'ain).

Alloh menciptakan kondisi seperti ini salah satunya adalah untuk ujian anak orang kafir itu agar menemukan kebenaran, serta ujian kepada kaum muslimin
untuk menyampaikan Tauhid kepada semua manusia
|| siempunya, 1:16 PM

0 Comments:

:: Add a comment